Tunjangan Fungsional

Penanya:

Nanang Masruchin

Pertanyaan:

Yth. Tim Helpdesk yang budiman,

Saya adalah peneliti pertama yang bebas tugas belajar kemudian aktif kembali dengan SK Kepala Institusi saya dengan TMT: 1 September 2012, SK tersebut di tandatangani 28 September 2012, SPMT dan SPMJ saya di tandatangani 3 Oktober 2012 dengan TMT 1 September 2012 dan tertulis bahwa saya diberikan hak tunjangan fungsional per 1 September 2012, perlu di ketahui pula, bahwa saya memang aktif dan melaksanakan tugas kembali per-1 September 2012.

Berikutnya, bulan Februari 2012, bagian bendahara kantor saya mengajukan rapelan tunjangan fungsional saya di KPPN daerah saya, regional Bogor. Namun dari rapelan yang diajukan, menurut verifikasi petugas KPPN menyatakan bahwa rapelan saya di hitung sejak 1 Oktober 2012 dengan landasan aturan perka BKN no 39 tahun 2007, yang menyatakan bahwa : Pemberian Tunjangan jabatan fungsional tidak berlaku surut dari tanggal penetapan keputusan pengangkatan dalam jabatan fungsional.

Saya memahami, bahwa ada dua persepsi dengan yang dimaksud tanggal penetapan keputusan pengangkatan ini, yaitu TMT atau tanggal dimana pejabat menandatangani surat tersebut. Kalo saya pribadi setelah membaca dan memahami secara keseluruhan isi perka no 39 tahun 2007 ini menyakini bahwa yang dimaksud adalah TMT, secara detail  bisa kita diskusikan lebih lanjut namun bisa jadi apa yang saya yakini juga salah.

Mohon pencerahan

Jawaban:

Pembayaran kembali tunjangan fungsional bagi pejabat fungsional yang dibebaskan sementara dari jabatannya karena tugas belajar dibayarkan kembali mulai bulan berikutnya setelah yang bersangkutan dinyatakan  melaksanakan tugasnya kembali. Dalam hal ini TMT SPMT adalah 1 September 2012 maka pembayarannya dihitung mulai bulan Oktober 2012, bukan September 2012. (Peraturan Kepala BKN No. 39 Tahun 2007)

Leave a Reply