Perjalanan dinas; uang harian; pph pasal 21 atas narasumber non PNS

Penanya : Febi Angi
Pertanyaan :

  1.  Jika narasumber datang sebelum tanggal kegiatan yang ditentukan dan dengan alasan yang tidak jelas melakukan transit di daerah lain, apakah tgl SPPD yang dibuat dimulai dari tgl narasumber tsb melakukan perjalanan atau tgl kegiatan dimulai?
  2. Terkait dengan pertanyaan no. 1 bagaimana dengan uang harian narasumber tsb, bgmn perhitunganny?
  3. Untuk narasumber non PNS, brp besar tarif pph yang dikenakan atas jasa ceramah yg diberikan ?

Jawaban :

PPK memiliki kewenangan untuk menetapkan tingkat biaya perjalanan dinas dan alat transport yang digunakan untuk melaksanakan perjalanan dinas jabatan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan dilakukannya perjalanan dinas tersebut, sbb:

1. apabila memang terdapat terkendala dalam transportasi atau transit atau kesulitan transportasi lainnya (harus dibuktikan dengan dokumen pendukung, misalnya keterangan dari maskapai), maka dapat diberikan tanggal keberangkatan dimulai dari tanggal narasumber tersebut berangkat.

2. Sesuai PMK No.113/PMK.05/2012 pada Lampiran V huruf II, uang harian dapat diberikan kepada narasumber yang memerlukan waktu 1 hari sebelum pelaksanaan kegiatan untuk tiba di tempat tujuan dan/atau 1 hari setelah kegiatan.

3. PPh Pasal 21 untuk Narasumber / tenaga ahli,  dikenakan tarif Progresif  Yaitu : 0 s.d. 50 Juta dikenakan tarif 5 %, 50 s.d. 250 Juta dikenakan tarif 15 %,  untuk lebih jelasnya dapat berkonsultasi dengan Kantor Pelayanan Pajak.

« Sebelumnya
 
Selanjutnya »

Leave a Reply