Perjalanan Dinas

Penanya:

Seira

Pertanyaan:

kalau dalam kegiatan kami yang berasal dari bantuan dana hibah,kami berada dibawah dinas Prov,saya mau bertanya :

  1. Tentang SPD dalam PMK 113 yang dimaksud PPK siapa?apabila yang melaksanakan perjalanan dinas Kepala Dinas apakah tetap PPK yang menandatangani SPD?untuk tingkat kabupaten siapa PPK nya?
  2. untuk format SPD apakah harus baku seperti contoh di PMK 113?bolehkah memakai kop dan logo dinas?
  3. kami mengadakan kegiatan pertemuan (akomodasi kami yang menanggung)selama 4 hari, hari pertama peserta cek in hotel jam 2 siang, hari ke 2 dan 3 acara dimulai jam 8 pagi- 5 sore, hari ke 4 acara selesai jam 12.untuk peserta lokal, dan panitia apakah diberi uang saku paket meeting 4 hari x 85.000 dan tranport lokal 2x 110.000?untuk peserta luar kota dibayar uang saku paket meeting 4 hari x 120.000 dan biaya riil transportnya?
  4. bagaimana dengan peserta kabupaten yang yang menempuh waktu 12 jam baru sampai di hotel tapi di hari yang sama pada tanggal 4?apa saja yang dibayar?

Jawaban:

  1. PPK adalah pejabat yang melaksanakan sebagian kewenangan KPA untuk mengambil keputusan dan/atau tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran atas beban APBN. Apabila yang melaksanakan perjadin adalah Kepala Dinas, SPD tetap ditandatangani PPK. Demikian juga di tingkat kabupaten, SPD ditandatangani PPK.  
  2. Format SPD minimal sesuai pada Lampiran PMK 113, diperbolehkan memakai kop dan logo dinas.   
  3. Bagi peserta dan panitia, kegiatan dimaksud merupakan kegiatan meeting fullboard dalam kota, biaya yang dibayarkan adalah transpor kegiatan dalam kota sesuai standar biaya yaitu 1 (satu) kali Rp110.000,-  dan uang saku paket fullboard selama kegiatan yaitu 4 hari dikali satuan biaya fullboard dalam kota sesuai standar biaya.  Sedangkan bagi peserta dari luar kota, kegiatan dimaksud merupakan kegiatan meeting fullboard di luar kota, biaya yang dibayarkan adalah transpor sesuai biaya riil dan uang harian fullboard di luar kota selama kegiatan yaitu 4 hari dikali satuan biaya uang harian fullboard di luar kota sesuai standar biaya.  
  4. Bagi peserta dari kabupaten, biaya perjadin diberikan sama dengan peserta dari luar kota. Namun apabila dikawatirkan peserta dapat tiba terlambat pada hari pertama, pejabat penerbit surat tugas dapat memberikan perintah berangkat 1 hari sebelumnya, dengan konsekuensi pemberian biaya perjadin bertambah 1 hari.
« Sebelumnya
 
Selanjutnya »

Leave a Reply