Penyelenggaraan Diklat Di Dalam Kantor

Penanya : Asmuddin

Yang terhormat Help Desk . Kantor kami sedang melaksanakan kegiatan Diklat selama 5 hari yang peserta nya dari instansi dan dilaksanakan di dalam kantor, dari jam 08.00 – 21.00. Pelaksanaan diklatnya sebagian dilaksanakan pada waktu jam kerja (08.00 – 16.00) dan sebagian lagi diluar jam kerja (16.00 lewat). Mohon penjelasan mengenai hal berikut:

  1. Apakah panitia yang terlibat berhak mendapat uang saku? kalau berhak, besarannya berapa? Kalau tidak berhak, komponen biaya apa saja yng didapat oleh Panitia?
  2. Apakah panitia berhak mendapat uang transport?
  3. Kalau panitia tidak berhak mendapat uang transport, apakah panitia dapat tetap menanda tangani daftar hadir yang tentunya akan mendapat uang makan?
  4. Apakah peserta dapat diberikan Uang Harian pas 1 hari di awal (saat datang) dan 1 hari di akhir (saat pulang), dan 3 harinya di berikan uang saku? mohon penjelasannya, terima kasih

Jawaban :

Diklat yang dilaksanakan di dalam kantor dan masih dalam jam kerja (08.00-16.00) tidak termasuk perjadin, sehingga baik peserta dan panitia dari internal satker tidak dapat diberikan biaya perjadin (uang saku dan biaya transportasi). Diklat yang dilaksanakan di dalam kantor di luar jam kerja (16.00 lewat) dimaksu juga tidak dapat dibayarkan biaya perjadin (uang saku rapat dan biaya transportasi). Karena pemberian uang saku rapat di dalam kantor di luar jam kerja agar mengikuti ketentuan dalam standar biaya (PMK 37/PMK.02/2012) yaitu antara lain dilaksanakan minimal 4 jam dan melibatkan eselon I lainnya. Karena diklat dimaksud tidak termasuk dalam rangka perjadin, maka panitia dan peserta masih dapat diberikan uang makan. Uang harian 1 hari sebelum dan 1 hari setelah kegiatan tidak dapat diberikan kepada peserta/panitia yang tidak mengalami kesulitan transportasi.

« Sebelumnya
 
Selanjutnya »

Leave a Reply