Penggunaan Akun 524111, 524119 dan 525119

Penanya : Petrus D Kondoallo, SE

Pertanyaan :

Yth. Help Desk
1. Pertanyaan saya yang dikirim tgl 26 Februari belum dijawab, gimana ya ?
2. Satker Kami untuk perjalanan dinas menggunakan akun 524119, apakah untuk setiap kali perjalanan dinas ditempat kami harus menggunakan paket meeting (fullboard) ? karena saya mendapat informasi untuk dapat menggunakan uang harian perjalanan dinas harus menggunakan akun 524111
3. Kami rumah sakit BLU dari tahun 2008, Dokter di rumah sakit kami diundang oleh pihak non pemerintah untuk mengghadiri seminar/workshop di yogya selama 3 hari, apakah penggunan dananya dari rupiah murni atau dana BLU (524119 atau 525119)

Jawaban :

Bahwa perjalanan yang menggunakan paket meeting (fullboard) adalah untuk pelaksanaan kegiatan rapat, seminar dan sejenisnya. Peruntukkan akun 524111 (Belanja perjalanan biasa) sesuai Bagan Akun Standar (BAS) yaitu Pengeluaran untuk perjalanan dinas seperti perjalanan dinas dalam rangka pembinaan/konsultasi, perjalanan dinas dalam rangka pemeriksaan/pengawasan, mutasi pegawai, mutasi pensiun, pengiriman jenazah. Sedangkan akun 524119 (Belanja perjalanan lainnya) yaitu  pengeluaran untuk perjalanan lainnya dalam rangka pendukung kegiatan kementerian/lembaga yang tidak tertampung dalam pos belanja perjalanan biasa dan tetap antara lain biaya perjalanan teknis operasional kegiatan bagi kedutaan besar atau atase luar negeri. Sesuai PMK No.113/PMK.05/2012 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap. Bab V pasal 8 ayat 1, Biaya Perjalanan Dinas Jabatan terdiri atas komponenkomponen antara lain uang harian, maka untuk setiap perjalanan dinas yang dilakukan dapat dibayarkan uang harian. Oleh karena itu, sesuai RKA-KL/POK Satker Saudara penggunaan akun 524119 untuk perjalanan dinas dapat dibayarkan uang harian.
Secara prinsip kegiatan menghadiri seminar/workshop yang diselenggarakan oleh pihak swasta dapat dibiayai dananya dari rupiah Murni atau BLU, sepanjang dialokasikan dalam RKAKL/POK. Perjalanan dokter untuk menghadiri seminar/workshop merupakan bagian dari peningkatan SDM, maka sesuai RKA-KL/POK satker Saudara untuk membiayai perjalanan dimaksud sebaiknya menggunakan dana BLU dengan kode akun 525119 (belanja penyedia Barang dan Jasa BLU lainnya).

Leave a Reply