Pelatihan Kantor Sendiri tentang Perdirjen 55/PB/2012

 Batas akhir penyelesaian LK K/L sudah dekat, untuk itu Direktorat APK mengadakan PKS dengan materi paparan dan diskusi PER-55/PB/2012 pada tanggal 30 Januari 2012 untuk menyamakan pemahaman terhadap pedoman penyusunan LKKL. Bertempat di Ruang Pelatihan Dit SP (Lantai 4), kegiatan PKS ini dihadiri oleh para Kasubdit dan pegawai Dit APK dan Dit SP yang tergabung dalam Tim Bimbingan Pusat Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Tim Pembina). Acara ini dibuka dengan pengarahan dari Direktur APK (Ibu Yuniar) yang menyebutkan antara lain agar acara PKS ini dapat meningkatkan pemahaman para tim pembina dalam penyusunan laporan keuangan K/L. Selain itu, Ibu Yuniar juga memperingatkan bahwa kualitas tim pembina dapat terlihat dari capaian opini yang didapat oleh K/L.

Materi Perdirjen No. PER-55/PB/2012 disampaikan oleh Kasi Bimbingan Instansi II, Kadek Eriksiawan dengan menarik. Secara umum dipaparkan bahwa Pedoman Penyusunan LKKL tingkat Eselon I dan K/L tersebut sebenarnya sama dengan Perdirjen sebelumnya (PER-65/PB/2010). Namun demikian, dijelaskan bahwa latar belakang penetapan Perdirjen No. PER-55/PB/2012 adalah adanya berbagai ketentuan/dasar-hukum yang mengalami perubahan, penyesuaian dengan BAS dan untuk penyajian laporan keuangan  untuk tujuan umum (berdasarkan best practices).

Dalam sesi tanya jawab, baik para peserta dan narasumber sangat antusias. Pertanyaan yang diajukan seputar penjelasan lebih lanjut tentang Perdirjen terbaru tersebut dan permasalahan yang dihadapi oleh K/L dalam penyusunan laporan keuangan tahun 2012. Secara umum, acara PKS ini sangat baik karena menjadi ajang peningkatan pemahaman dan sharing antar tim pembina tentang penyusunan laporan keuangan, yang pada akhirnya bertujuan untuk peningkatan kualitas LKPP tahun 2012 yang ditargetkan mendapat opini WTP. (wwn/mst)