Mekanisme Pembayaran BOP Penyuluh Pertanian

Penanya :  asep

Pertanyaan :

Yth. Helpdesk APK, Mohon penjelasan atas hal-hal sbb:

  1. Adakah ketentuan/peraturan bahwa pembayaran BOP Penyuluh Pertanian (PNS atau Non PNS) dapat dibayarkan melalui Rekening Bendahara Pengeluaran?
  2. Pada salah satu satker terdapat dua DIPA yaitu untuk DK dan TP, bolehkah diangkat Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) untuk menangani salah satu DIPA tersebut?
  3. Apakah berlaku ketentuan Pasal 36 PMK.190 terhadap Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) untuk Belanja Bantuan Sosial? Terima kasih.

Jawaban :

  1. Apabila dalam satu satker terdapat 2 DIPA, bisa ditunjuk Bendahara Pengeluaran untuk orang yang sama dengan kewajiban terjadi pemisahan dalam segala administrasinya untuk setiap DIPA termasuk pembukuan dan pertanggung jawabannya. Dan diperkenankan pula menunjuk seorang Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP). Hanya saja, untuk kasus Saudara mengapa tidak sekalian saja BPP tersebut menjadi Bendahara Pengeluaran.
  2. Pembayaran kepada pihak ketiga namun melalui Bendahara memiliki dasar hukum dengan istilah LS melalui Bendahara Pengeluaran. Sehingga apakah BOP bisa dibayarkan dengan mekanisme tersebut atau tidak maka tergantung aturan terkait BOP tersebut memungkinkan untuk menggunakan LS melalui Bendahara Pengeluaran atau tidak
  3. Sesuai pasal dimaksud maka Saudara harus menyampaikan data/dokumen yang dengan jelas tertuang untuk disampaikan kepada KPPN.

Leave a Reply