Bukti SPJ perjalanan dinas

Penanya : Budhi Prasetyo

Pertanyaan :

Salam : Ada beberapa pertanyaan mengenai perjalanan dinas :

  1. Apakah perjalanan dinas menggunakan kendaraan pribadi bisa di spj kan biaya transportnya untuk penggantian BBM misalnya?
  2. Apabila tidak didapat bukti tiket untuk kendaraan umum (bus ekonomi misalnya) bagaimana spjnya? padahal ybs benar-benar melakukan perjalanan dinas menggunakan kendaraan umum
  3. Apakah perjalanan dinas yang kebetulan sifatnya rombongan (beberapa orang dalam satu surat tugas) boleh menggunakan rental mobil untuk efektif dan efisien dari segi waktu. Lalu bagaimana bukti spj nya, apakah biaya transport atau sewa mobil?
  4. Apabila pimpinan kami melaksanakan perjalanan dinas menggunakan mobil dinas keluar kota, bagaimana pertanggungjawabannya mengenai biaya transportnya? Apakah bisa dibayarkan atau tidak?
  5. Mengenai bantuan transport/transport lokal yang masuk akun 524114, apakah cukup dengan surat tugas atau harus dengan surat perjalanan dinas dalam peng spj annya? sekian dan terima kasih atas jawabannya

Jawaban :

  1. Untuk pertanyaan 1 dan 2 :  Biaya transportasi bisa di-spj-kan dengan membuat daftar pengeluaran riil dengan mencantumkan besaran biaya transportasi mengacu pada biaya transportasi umum yang berlaku atau sesuai SBU, tanpa melampirkan bukti pengeluaran. Kemudian akan dilakukan penilaian kewajaran oleh PPK sebelum dibayarkan kepada Pelaksana SPD.  
  2. Sewa kendaraan/mobil tidak dapat di-spj-kan sebagai komponen biaya perjadin.  Walaupun dalam pelaksanaannya menggunakan rental mobil mengingat lebih efisien dan efektif, sebaiknya tetap di-spj-kan sebagai biaya transportasi, dicantumkan dalam daftar pengeluaran rill tanpa melampirkan bukti pengeluaran.  
  3. Biaya transportasi tidak dapat dibayarkan apabila menggunakan mobil dinas. 
  4. Bantuan transport lokal menggunakan akun baru yaitu akun 524113 (bukan akun 524114), dapat dibayarkan tanpa menerbitkan SPD, atau cukup dengan surat tugas saja yang telah disahkan/ ditandatangani pejabat yang ditunjuk di tempat tujuan sebagai bukti bahwa perjadin dalam kota sd 8 jam tersebut memang telah dilaksanakan.

 

Leave a Reply