Biaya Perjalanan Dinas Mengikuti Diklat

Penanya : Sutanto

Mohon penjelasan mengenai biaya perjalanan dinas yang diberikan kepada PNS yang diberi tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan, baik lokasi diklat di dalam kota maupun lokasi diklat yang pelaksanaannya melewati batas kota :
1. Komponen biaya apa saja yang harus diberikan kepada peserta diklat dan besaran indeks
2. Perhitungan hari diklat :
a. Apakah hari diklat sebagai dasar perhitungan biaya dihitung berdasarkan hari efektif pembelajaran saja? mengingat ada diklat yang dilaksanakan di luar kota lebih dari 1 minggu, tetapi hari sabtu dan minggu tidak ada proses pembelajaran
b. Registrasi dilaksanakan 1 hari sebelum diklat dimulai, apakah hal ini sudah masuk dalam perhitungan hari diklat?

Jawaban :

  1.  Perjalanan dinas dalam rangka diklat menggunakan paket meeting yang diatur dalam PMK No.113/PMK.05/2012 dilaksanakan dengan semua biaya penyelenggaraan ditanggung oleh panitia penyelenggara, maka kepada peserta hanya diberikan uang saku paket meeting sesuai standar biaya. 
  2. Penentuan jumlah hari diklat merupakan kewenangan PPK, dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan diklat. Uang saku diberikan berdasarkan jumlah hari rill pelaksanaan diklat, termasuk dalam hal 1 hari sebelum pelaksanaan diklat yang diperlukan untuk registrasi.
« Sebelumnya
 
Selanjutnya »

Leave a Reply