Belanja Perjalanan Dinas Lainnya

Penanya : deden adie candra
Pertanyaan :

Selamat pagi, langsung saja di DIPA Satker Kami ada MAK 524119 belanja perjalanan lainnya untuk rapat koordinasi/kerja/dinas/pimpinan/kelompok kerja/konsultasi dengan rincian:

  1. uang transport,
  2. biaya taxi,
  3. uang harian, dan
  4. biaya penginapan

Pada saat ada undangan di Jakarta, panitia hanya menanggung akomodasi paket pertemuan fullboard (biaya hotel, makan dan paket pertemuan). Sedangkan biaya transport dan uang harian di tanggung satker bersangkutan menurut SBU 2013 uang harian paket pertemuan fullboard ke DKI Jakarta Rp.180.000,-/hari menurut SBU 2013 uang harian perjalanan dinas ke DKI Jakarta Rp. 530.000/hari. Pertannyaan kami:

  1. apakah uang harian dibayarkan sesuai paket pertemuan fullboard Rp. 180.000,- atau di bayarkan sebesar uang harian perjalanan dinas ke DKI Jakarta Rp. 530.000/hari?
  2. jika kami mengirimkan peserta tambahan dengan biaya satker untuk menghadiri pertemuan tersebut apakah bisa di gunakan untuk pertanggung jawaban dengan menggunakan rincian DIPA kami seperti yang tersebut diatas karena rincian tersebut sepertinya tidak pas apakah perlu refisi POK/ DIPA, karena kalau dibayarkan sesuai dengan diatas untuk biaya penginapan dibayarkan untuk paket pertemuan fullboard dana tidak mencukupi dan apakah uang hariannya dibayarkan paket pertemuan fullboard Rp.180.000,-/hari ataukah dibayarkan uang harian perjalanan dinas ke DKI Jakarta Rp. 530.000/hari ?

Terimakasih atas jawabannya
Jawaban :

  1. Uang harian perjalanan dinas dalam rangka rapat/ pertemuan menggunakan paket meeting dibayarkan berupa uang saku paket meeting (halfday/fullday/ fullboard) untuk fullboard di Jakarta sebesar Rp180.000,-. Uang harian diberikan sesuai jumlah hari riil pelaksanaan rapat/meeting dan tercantum dalam surat tugas.
  2. Untuk menjawab pertanyaan Saudara berikutnya, perlu diklarifikasi lebih lanjut, apakah peserta tambahan dimaksud ditanggung makannya di hotel? Bagaimana pertanggungjawaban penggunaan fasilitas meeting bagi peserta tambahan dimaksud?