Belanja LS Badan Layanan Umum

Penanya: Hendrawan

Pertanyaan:

1. Untuk belanja LS yang dananya bersumber dari BLU gimana prosedurnya?apa bendahara pengeluaran mengambil dulu dari rekening operasional habis itu ditransfer ke rekening rekanan atau rekanan dikasih cek untuk kemudian rekenan mencairkan sendiri atau dari rekening operasional langsung ditransfer ke rekening rekanan?
2. Trus bagaimana pembukuan di Bendahara Pengeluaran?
3. Bendahara Pengeluaran ikut bertanggungjawab tidak atas belanja LS BLU ini?

Jawaban:

Salah satu kewajiban satker BLU adalah menyusun SOP mengenai Pengelolaan Kas internal BLU, dimana SOP ini menjelaskan secara rinci  prosedur penatausahaan penerimaan pendapatan dan pengeluaran belanja sumber dana BLU yang menjamin adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan BLU. Dalam SOP tersebut harus diatur pula tata cara pembayaran belanja LS kepada pihak ketiga yang sumber dananya berasal dari PNBP BLU.
a. Prosedur pembayaran belanja LS kepada pihak ketiga dimaksud dapat mengikuti tatacara pembayaran belanja LS sebagaimana diatur dalam PMK nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
b. Bendahara Pengeluaran melaksanakan tugas kebendaharaan atas uang/surat berharga yang berada dalam pengelolaannya, dimana pelaksanaan tugas kebendaharaan Bendahara Pengeluaran antara lain : 1.Menerima, menyimpan, menatausahakan dan membukukan uang/surat berharga dalam pengelolaannya. 2.Melakukan pengujian dan pembayaran atas perintah mambayar, 3.Menolak perintah membayar apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dibayarkan. Dalam hal Bendahara Pengeluran diberi tugas tambahan untuk mengelola dana BLU (termasuk pembayaran LS BLU kepada pihak ketiga), maka Bendahara Pengeluaran juga bertugas menatausahakan dan membukukan pengeluaran yang bersumber dari dana BLU. Selanjutnya KPA melakukan rekonsiliasi internal atas laporan yang dihasilkan oleh UAKPA pada saat akan menyusun laporan pertanggungjawaban.
c. Salah satu tugas Bendahara Pengeluaran adalah melakukan pengujian atas perintah pembayaran sebelum dilakukan pembayaran meliputi : 1.Meneliti kelengkapan dan keabsahan perintah pembayaran, 2. Pemeriksaan kebenaran atas hak tagih, meliputi pihak yang ditunjuk untuk menerima pembayaran, nilai tagih yang harus dibayar, jadwal waktu pembayaran, dan menguji ketersediaan dana yang bersangkutan.
Tanggungjawab Bendahara Pengeluaran adalah secara pribadi atas uang yang berada dalam pengelolaannya. Dalam hal Bendahara Pengeluaran diberikan tambahan tugas untuk mengelola dana BLU, maka Bendahara Pengeluaran juga bertanggungjawab atas dana BLU yang berada dalam pengelolaannya. Namun jika tidak maka yang bertanggungjawab adalah KPA, PPK, PP-SPM dan Bendahara BLU.

Leave a Reply